BLOGGER INDONESIA INDONESIA BLOGGER KENALI PENYEBAB CB 150 R SUSAH MASUK GIGI..... ~ hONdAkita

Sabtu, 28 September 2013

KENALI PENYEBAB CB 150 R SUSAH MASUK GIGI.....

Saya sempat membaca di kaskus pengguna CB 150 R ada yang mengeluhkan susah masuk gigi vresneling,susah netral bahkan ada juga pengguna yang mengatakan handle kopling sudah ditarik full tapi motor masih terasa jalan. Akhirnya saya coba memberikan sedikit tips bagaimana mengatasi hal-hal yang demikian itu. Sulitnya oper gigi/suara kasar saat pindah gigi bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor:
1. Karena penyetelan jarak main bebas handle kopling yang tidak tepat. Jarak main bebas handle kopling yang standar adalah 10-20 mm.
.Jika jarak main bebas handle kopling lebih dari 20 mm maka akibatnya susah oper gigi,susah dinetralkan dan ada suara kasar saat perpindahan gigi vresneling. Dan bila penyetelan jarak main bebas kurang dari 10 mm bisa berakibat akselerasi kurang karena kopling selip. Dalam pemakaian jangka panjang, jarak main bebas handle kopling yang kurang dari 10 mm berakibat kampas kopling hangus/terbakar.Itulah sebabnya jangan sembarangan menyetel kolping karena sangat mempengaruhi kinerja motor anda dan kenyamanan berkendara.
2. Ketika rpm mesin masih tinggi dan gigi dipaksa masuk,faktor kedua ini biasanya dari pengguna sepeda motor. Saat mau pindah gigi usahakan rpm mesin di turunkan terlebih dahulu,tarik handle kopling sampai full baru kemudian menginjak pedal vresneling. Hehe.... maaf gan,bukan saya ngajarin anda lho ya ? Tapi ini fakta yang sering ditemukan di jalanan,mungkin karena baru memakai motor tipe kopling manual.
3. Karena kabel kopling yang seret.kabel kopling yang seret bisa diakibatkan oleh beberapa faktor,bisa karena karat,terjepit,atau pemakain stang kemudi yang terlalu lebar dan tinggi bisa menarik kabel kopling sehingga mengakibatkan kabel kopling lambat berbalik saat handle kopling kita lepas.Maka pengantian part aksesoris harus memperhatikan hal-hal tersebut.
4. Karena kesalahan komponen kopling itu sendiri. Bisa dari rumah kopling,kampas kopling atau mungkin per kopling yang sudah mulai aus.
Mungkin ada yang protes, CB 150 R kan motor baru masa sih koplingnya sudah aus? Orang motor belum ada setahun kok..? Ini motor baru 2 bulan gan.....!! Bagaimana garansinya ?? OK,saya coba kasih solusinya... Bawalah CB 150 R anda ke AHASS terdekat dengan keluhan susah masuk gigi/netral maka mekanik akan menyetel kopling motor anda. Bila setelah dilakukan penyetelan kopling hasilnya OKe,berarti masalah cuma dari penyetelan saja.Tapi,bila setelah dilakukan penyetelan kopling hasilnya nihil/sama saja berarti komponen kopling motor anda ada masalah dan anda berhak mengajukan claim.
karena ada sebagian kasus di temukan di jaringan AHASS komponen kopling CB 150 R bermasalah, tapi saya tidak dapat menjelaskan secara detail kepada anda karena ini menyangkut rahasia interen jaringan kami. Mohon maaf kepada AHM, semua demi kebaikan konsumen honda. ...

0 komentar: