BLOGGER INDONESIA INDONESIA BLOGGER AKI RUSAK, MIL BISA BERKEDIP..... ~ hONdAkita

Sabtu, 28 September 2013

AKI RUSAK, MIL BISA BERKEDIP.....

Masih seputar PGM-FI,peranan bateray/aki sangatlah penting pada sepeda motor karena selain sebagai sumber arus listrik,aki juga bisa sebagai penyetabil tegangan yang hendak keluar ke komponen-komponen sensitif seperti ECM misalnya. Membiarkan aki rusak dalam jangka waktu lama kan mengurangi kinerja mesin atau bahkan bisa merusak komponen-komponen lain.Maka sangat dianjurkan untuk selalu mengecek tegangan aki setiap service rutin.Terlebih pada sistem injeksi PGM-FI,tegangan aki harus selalu stabil tidak boleh berkurang dari 12,4 V karena saat mau menyalakan mesin fuel pump harus memompa dulu bahan bakar dan itu mengunakan arus listrik dari aki. Apakah kalau aki rusak mesin bisa menyala? Bisa,karena ada arus dari regulator/kiprok yang menuju ke kunci kontak.Itulah sebabnya untuk motor sport fuel injection (CB 150R dan VERZA) honda melengkapi kapasitor bank sebagai penyimpan arus sementara karena pada kedua motor ini,lampu depan mengambil arus dari aki.

Aki yang rusak/soak ternyata bisa membuat MIL berkedip.Berarti komponen injeksi ada yang rusak donk?

Eiit,jangan di vonis rusak dulu gan.. Mari kita simak kronologis kejadiannya..
Salah seorang konsumen kami mengeluh honda vario 125 kesayanganya kegenitan,artinya motor ini selalu berkedip kedip MIL nya saat diajak jalan.Trus idle mesin tidak rata dan sering mati sendiri saat jalan macet atau lampu merah.Masalahnya apa ya mas...?
Kamipun melakukan pengecekan,dan kamipun faham lampu MIL ibarat bola mata wanita, ketika dia berkedip berarti dia sedang meminta perhatian dari kita.Lalu bagian mana yang harus kami sentuh? Langkah pertama kami melakukan pengecekan aki,hasilnya aki mesti diganti karena tegangan hanya 11,5 V. Maklum usia motor sudah 1 setengah tahun. Setelah pengantian aki selesai kunci kontak kami ON,MIL mulai berkedip menunjukan 52 ( 5 kedipan panjang dan 2 kedipan pendek ) berarti sensor CKP ( Crankshaft Position ) ada masalah alias terganggu. Apakah sensor CKP ini rusak ? Kamipun melakukan riset ulang dan akhirnya berhasil. Dari kronologis kejadian tersebut mari kita telusuri mengapa MIL bisa berkedip ketika aki rusak?
1. Aki yang voltasenya menurun menyebabkan kinerja fuel pump tidak optimal,sehingga tekanan bahan bakar ke injektor otomatis akan menurun.Begitu juga arus yang masuk ke ECM,dan sensor-sensor lain. Inilah yang menyebabkan idle/langsam mesin tidak rata dan sering mati ketika rpm rendah.
2. Ketika mesin mati sendiri ( dalam arti kunci kontak masih di posisi ON ) sensor CKP berhenti mengirimkan sinyal ke ECM,sehingga ECM tidak bisa meprogram timing pengapian dan waktu kapan injektor menyemprotkan bensin. Maka ECM menganggap sensor CKP telah TEWAS/RUSAK, dan ECM menyimpannya kedalam memori. Maka turunlah perintah dari ECM ke MIL untuk berkedip menunjuk angka 52.
3. Sistem PGM FI dilengkapi dengan self diagnosis sistem,kerusakan masa lalu (kerusakan sensor CKP) akan tersimpan dalam memori ECM sebelum kita menghapusnya,maka kita harus meriset ulang ECM,barulah kode kerusakan itu hilang dan sistem injeksi bekerja secara benar.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih pencerahannya, pengalaman ini juga saya alami. Waktu berkedip 52, saya bawa ke tanya ke bengkel katanya aki mungkin sudah mulai kurang kuat. Setelah cari2 referensi ternyata aki dengan pemakaian normal bisa bertahan 2-3 tahun. Lha sekarang usia motor sudah 2 tahun. Yah wajar kalau begitu.