BLOGGER INDONESIA INDONESIA BLOGGER HONDA PGM-FI ~ hONdAkita

Selasa, 17 September 2013

HONDA PGM-FI

MARI LEBIH MENGENAL PGM-FI. Kayanya ini yang harus disosialisasikan kepada masyarakat untuk lebih mengetaui tentang apa itu PGM-FI,apa kelebihannya,bagaimana cara perawatannya dan sistem kerjanya.Karena jujur,tehnologi injeksi ini masih belum begitu di ketahui oleh masyarakat kita. Bahkan banyak dari pemakai sepeda motor honda yang tidak mengerti sama sekali apa itu PGM-FI.Mereka hanya tau " Motor saya injeksi mas.." Kemudian saya balik bertanya " Injeksi itu apa sih pak..? Bapaknya menjawab " Ya gitu dech....." Malah si bapak balik bertanya kepada saya " Mas,itu di motor saya koq ada tulisan PGM-FI ya ? artinya apa sih...? " Mungkin dari sekelumit obrolan tadi bisa kita simpulkan betapa minimnya informasi yang masuk ke pengguna sepeda motor honda tentang PGM-FI.Walaupun ada sebagian masyarakat kita yang sudah mulai faham dan mengerti tentang tehnologi ini.
PGM-FI ( Programmed Fuel Injection ) adalah penyemprotan bahar bakar yang di kontrol secara elektronik,sesuai kondisi mesin,dan suhu lingkungan. Lalu bagaimana sistem kerjanya ? Mari kita simak bersama....

1. Pada saat kunci kontak di posisi ON ada aliran arus listrik menuju fuel pump ( pompa bahar bakar )sehinga fuelpump bekerja memompa bahan bakar selama beberapa detik melalui selang bahan bakar menuju injektor,tetapi bahan bakar ini belum di semprotkan ke ruang bakar.
2. Pada saat itu pula sensor CKP ( Crankshaft Position ) membaca keberadaan poros engkol,kemudian mengirimkan sinyal ke ECM ( Engine Control Module )berapa derajat keberadaan poros engkol ini dari TMA ( Titik Mati Atas ). Sensor CKP inilah yang memberikan informasi kepada ECM sebagai otak sistem injeksi kapan waktu pengapian dan kapan waktu bahan bakar perlu di semprotkan ke ruang bakar bakar.
3. Dikala kita menekan tombol eletrik stater terjadilah perputaran poros engkol,sekaligus kevakuman di ruang bakar karena piston melakukan langkah hisap,perubahan posisi poros engkol ini segera di baca oleh sensor CKP dan secepatnya mengirimkan sinyal ke ECM untuk meletikan bunga api di busi,dan menyemprotkan bahan bakar di injektor (tentunya sesuai derajat pengapian yang telah di tentukan)Maka terjadilah proses pembakaran dan sepeda motor menyala. Dan proses pembakaran ini akan terus berulang.
Nah, begitulah gambaran mudahnya sistem injeksi bekerja. Apakah benar sistem PGM-FI lebih irit bahan bakar ? Akselarasi lebih OK ? Lebih ramah lingkungan ? Itu akan saya bahas di postingan berikutnya.... karena ada sensor-sensor lain pada PGM-FI yang akan mengatur semua kelebihan itu.

0 komentar: