BLOGGER INDONESIA INDONESIA BLOGGER PENYEBAB REFLEKTOR CB 150 R MELELEH ~ hONdAkita

Sabtu, 07 September 2013

PENYEBAB REFLEKTOR CB 150 R MELELEH

Ada sebagian kasus ditemukan reflektor honda CB150R meleleh seperti pada gambar di bawah ini

Lalu munculah berbagai pertanyaan dan asumsi tentang reflektor motor ini. Penyebabnya apa sih kok sampai bisa meleleh kaya gitu ? Mungkin itulah yang menjadi pertanyaan sobat biker semua. Okey, mari kita telusuri penyebabnya.....

1. Penyebab pertama terjadinya reflektor meleleh pada honda CB150R adalah karena posisi sakelar dimmer yang menggantung(saya bilang menggantung karena lampu jarak dekat dan jarak jauh dua-duanya menyala ).

Seperti yang kita tahu,bahwa bohlam head light motor ini mempunyai watt yang cukup besar yaitu 55 W untuk Lo dan 65 W untuk Hi.Sedangkan suplay arus lampu depan mengambil dari aki,dengan adanya posisi sakelar dimmer yang menggantung seperti ini menyebabkan suhu reflektor meningkat 2x lipat.Ini biasanya terjadi karena faktor ketidak sengajaan,mungkin tanpa sadar anda ngobrol sama teman diatas motor sambil jari anda utak utik sakelar dimmer, atau anda suka naroh helm di kaca spion sehingga tanpa sadar sakelar tsb tersenggol ataupun faktor lain. Intinya kontrollah posisi sakelar dimmer sebelum anda berkendara,karena kelemahan sakelar ini bisa di posisi tengah antara Hi dan Lo.Hasil uji coba yang telah di lakukan mencatat bahwa reflektor akan berubah bentuk ( melengkung ) setelah lampu dinyalakan selama 30 menit,dan akan meleleh membentuk kristal-kristal bening setelah lampu menyala 45 menit dengan posisi lampu jarak jauh dan jarak dekat menyala keduanya.

1. Penyebab kedua terjadinya reflektor meleleh adalah proses pelepasan panas yang terhambat. Misalnya anda memasang atau menempelkan stiker dan melapisi mika reflektor dengan skotlet,atau bahkan yang suka mengenakan jas hujan model batman lalu menutupi reflektor juga bisa menjadi penyebab melelehnya reflektor motor ini,mengingat suhu yang dihasilkan oleh bohlam 55/65W cukup tinggi.

Mungkin sekedar berbagi sedikit pengetahuan yang saya tahu,semoga bermanfaat dan kalo ada yang perlu ditanyakan silahkan koreksi dan memberi komentar. Dan salam biker....!!

0 komentar: