BLOGGER INDONESIA INDONESIA BLOGGER MOTOR HONDA INJEKSI MOGOK? PERIKSALAH YANG INI..... ~ hONdAkita

Kamis, 03 Oktober 2013

MOTOR HONDA INJEKSI MOGOK? PERIKSALAH YANG INI.....

Bila motor honda injeksi mogok? Apa yang harus kita lakukan..? Apakah kita harus mendorongnya sampai gempor ? Ataukah kita harus menyelah berulang-ulang (dengan kick stater) sampai baju kita basah keringat? Tentu pekerjaan tersebut sangat menguras tenaga dan bikin kita naik pitam. Masih mending kalo 5 sampai 10 kali selah motor bisa hidup ? Kalo gak...? Waduh, pasti tambah sewot aja dech. Tapi namanya usaha,itu sih sah-sah aja kita lakukan,siapa tahu bisa membuahkan hasil. Hehe...
OKE,kali ini kita akan bahas apa yang harus kita lakukan ketika motor honda injeksi anda ngambek alias mogok.Sedikit bicara soal tehnik nie gan... Ada 3 unsur yang harus dipenuhi untuk sebuah motor bakar bisa menyala,yaitu:
1. Adanya bahan bakar,yang masuk sampai keruang bakar.
2. Adanya sistem pengapian.
3. Adanya kompresi pada mesin.
Pada dasarnya motor sistem injeksi itu tak jauh berbeda dengan motor tipe carburator,ketika mengalami mogok. Hanya saja motor injeksi sedikit lebih kompleks pada sistem kelistrikan karena banyak sensor yang terpasang. Untuk analisa kerusakan motor injeksi lebih mudah dideteksi karena dilengkapi dengan MIL sebagai penanda kerusakan. Pada sistem PGM FI sepeda motor mogok bisa dikatagorikan menjadi 2 yaitu: 1.MOGOK DENGAN KEDIPAN MIL Mogok tipe ini akan lebih mudah di cari penyebabnya,anda tinggal catat berapa kedipan MIL, komponen PGM FI yang mana nih yang bermasalah ? kemudian periksa soket komponen tsb terhadap kontak longgar/kendor. Bila tidak ditemukan soket yang kendor,cabutlah soket yang menuju komponen yang diprediksi rusak tersebut,nyakan kunci kontak pada posisi ON kemudian ukur input voltase (tegangan) pada soket tsb,bila tegangan input pada soket menunjukan tegangan bateray bararti komponen injeksi tersebut rusak. Tapi bila input voltase tidak ada atau tak sesuai dengan tegangan bateray,berarti ada masalah pada kabel body.
Setelah sumber masalah ditemukan,jangan lupa untuk meriset ulang ECM agar data kerusakan di masa lalu bisa terhapus.
2. MOGOK TANPA KEDIPAN MIL Mogok tipe inilah yang kebanyakan terjadi pada motor injeksi. Lalu apa yang harus kita lakukan?
* Langkah paling tepat dan efektif adalah PERIKSA KONDISI AKI DAN FUSE ( SEKERING ) Periksalah kondisi aki,apakah aki motor anda telah rusak,atau ada kontak kendor pada terminal positif (+) dan negatif (-) pada aki? Bila aki tak ada masalah lakukan pengecekan sekering utama (25A) dan sekering tambahan (10A) karena sekering yang putus mengakibatkan arus listrik dari aki tak sampai ke kunci kontak.Akibatnya seluruh komponen injeksi dan pengapian tidak bisa bekerja.Bila kedua part tersebut OK, tetapi motor masih tak mau hidup lakukan langkah berikut :
* PERIKSA INPUT DAYA DAN ATAU MASSA PADA ECM Periksalah arus dan tegangan yang masuk ke ECM,periksa juga kabel massa pada ECM.Bila itu OK,tapi masih tak mau hidup juga si mesin?
*PERIKSALAH KINERJA FUEL PUMP fuel pump yang bekerja akan terdengar suara mendengung didalam tangki bahan bakar. Jika fuel pump bekerja perikasalah tekanan bahan bakar ke injektor,apakah sesuai standar atau tidak? bila dibawah tekanan yang dianjurkan,periksalah saringan bahan bakar dan selang yang terjepit. Bila semua OK tapi mesin masih tak mau hidup juga?
* PERIKSA SISTEM PENGAPIAN Mungkin busi rusak/mati atau koil pengapian yang terganggu. Periksalah juga sistem pengapian dari hubungan singkat dan konektor yang kendor. Namun bila semua prosedur diatas sudah kita lakukan tetapi mesin masih tidak mau menyala bisa dipastikan...
*KOMPRESI CYLINDER MOTOR MELEMAH ATAU HILANG,bisa karena valve terganjal kerak karbon sisa pembakaran,atau valve bengkok,atau mungkin piston dan ring piston yang aus.
Semoga apa yang telah saya tulis diatas bisa menjadi acuan untuk menganalisa kerusakan motor injeksi secara cepat dan efektif dan kesalahan analisa kerusakan bisa di hindarkan.

0 komentar: